Cara menghindari jerawat pada wajah

Ditulis oleh: -
Hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa hampir 90 persen remaja dan 25 persen pria dan wanita dewasa bermasalah dengan jerawat.

Yang mengejutkan adalah penelitian tersebut mencakup seluruh negara yang ada di dunia, ini menunjukkan betapa manusia sangat rentan dan akrab dengan gangguan kulit yang satu ini.

Tidak salah jika ada sebagian orang yang mengatakan bahwa jerawat adalah masalah abadi pada manusia dan mungkin akan terus ada hingga ratusan tahun kemudian.

Meskipun berbagai metode dan cara menghilangkan jerawat telah diajarkan dan pasar dibanjiri dengan cream anti jerawat namun masalah ini tetap saja ada.

Cara yang paling baik sebenarnya adalah berusaha sebisa mungkin mencegahnya dengan cara melakukan perawatan wajah yang benar. Di bawah ini merupakan metode yang dapat anda gunakan untuk mengatasi jerawat di wajah sekaligus mencegah masalah itu datang kembali.

Berolahraga
Olahraga yang teratur dapat menurunkan stress dan tekanan mental, stress seperti yang kita ketahui menjadi salah satu penyebabnya, depresi yang berkepanjangan membuat menyebabkan tubuh memproduksi hormon berbahaya yang dampaknya dapat dilihat pada kesehatan kulit. Saat berolahraga hindari memakai pakaian yang ketat atau pakaian yang terbuat dari bahan nilon karena pakaian jenis tersebut dapat meningkatkan kelembaban tubuh dan memicu berkembang biaknya bakteri jahat pada kulit. Gunakan pakaian yang longgar untuk menghindari hal tersebut.

Gunakan kosmetik yang aman

Tidak semua jenis kulit cocok terhadap cream atau kosmetik tertentu, untuk menghindari iritasi dan alergi pada kulit selalu gunakan produk kecantikan yang berlabel noncomedogenic atau oil free. Selain untuk menghindari adanya iritasi dan alergi pada kulit, hal itu untuk memastikan pori-pori kulit anda tidak tersumbat.

Menjalankan diet sehat

Menjalankan pola makan yang sehat dapat mengatasi masalah tersebut secara efektif, cukupi semua kebutuhan vitamin dan nutrisi bagi kulit anda. Beberapa jenis vitamin dan nutrisi yang direkomendasikan oleh para dokter diantaranya :

  • Seng atau zink
  • Vitamin E
  • Vitamin B komplek
  • Vitamin C
  • Vitamin A

Lima jenis vitamin itu dapat anda peroleh dari sumber makanan seperti sayur, kacang-kacangan dan buah, atau juga bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi suplement multi vitamin, silahkan kunjungi apotik atau dokter tedekat untuk mendapatkannya.

Hubungi dokter spesialis kulit
Jika setelah satu bulan lamanya anda menerapkan berbagai macam perawatan kulit seperti penggunaan cream penghilang jerawat namun belum juga ada hasilnya, maka segeralah menghubungi dokter kulit untuk mendapat diagnosa yang tepat.
Untuk mengobati jerawat pada wajah memang sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan mengobati yang ada di sekitar leher atau bagian tubuh yang lainnya.

Ini dikarenakan kulit wajah tidak sama dengan kulit bagian lainnya dalam hal tingkat sensitifitasnya. Meskipun begitu, cara di atas bukan saja hanya dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, tapi bisa anda aplikasikan pada jerawat di tubuh.