Cara menghindari jerawat dan komedo

Ditulis oleh: -
Menghilangkan komedo dan jerawat dengan membuang isinya bisa juga anda lakukan sendiri; asalkan dengan prosedur yang benar dan memperhatikan kebersihan tangan dan alatnya. Bila anda melakukan facial wajah, biasanya kemudian dilakukan dengan proses ekstraksi komedo dan jerawat. Namun meremas komedo atau jerawat dengan jari, jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan peradangan di daerah tersebut dan mengakibatkan jaringan parut. Sehingga anda harus mengikuti prosedur menghilangkan komedo yang benar.

Demikian juga bila anda hendak menghilangkan komedo atau jerawat di salon atau klinik perawatan. Saat ini, dengan munculnya HIV dan peningkatan kejadian infeksi hepatitis B, kontak dengan darah atau cairan dari pasien memerlukan penggunaan sarung tangan. Estetisian yang meremas komedo dengan ujung jari juga harus memakai sarung tangan, karena ketika perawatan dapat menyebabkan beberapa perdarahan lokal.
Beberapa pendukung metode ini merekomendasikan menutupi jari-jari dengan lapisan tipis dari katun atau wol direndam dalam larutan alkohol yang berkadar rendah.

Cara Membuang Komedo Jenis Terbuka (Blackhead):

Cara menghilangkan komedo jenis terbuka dengan membuang isinya adalah dengan melakukan tekanan vertikal secara lembut pada daerah sekeliling komedo. Tekanan yang dilakukan harus mendorong isinya keluar ke permukaan kulit. Jika tidak ada isinya yang keluar, jari-jari harus dipindahkan sedikit ke lokasi yang berbeda di sekitar komedo dan prosedurnya kemudian diulang kembali. Jika lemak dari komedo mulai muncul ke permukaan, tekanlah secara perlahan di beberapa tempat (dengan menggunakan dua jari berlawanan) sampai semua isi bisa dikeluarkan, atau setelah terjadi sedikit pendarahan. Pakailah kain katun atau wol yang bertekstur lembut untuk membersihkannya dan daerah ini kemudian dibersihkan lagi dengan antiseptik.

Cara membuang komedo terbuka

Cara Membuang Komedo Jenis Tertutup (Whitehead):
Jika ketika menghilangkan komedo jenis tertutup anda menemukan kesulitan, maka komedo  ditusuk dengan lembut di bagian tengahnya dengan jarum steril. Setelah itu, isi dari komedo harus dikeluarkan dengan prosedur yang telah dijelaskan pada cara menghilangkan komedo jenis terbuka.

Cara membuang komedo tertutup

Cara Membuang Jerawat Jenis Pustule:
Cara menghilangkan jerawat jenis pustula kecil adalah sebagai berikut.
Isi pustula kecil (sampai sekitar diameter 3mm) dapat dibuang dengan menusuknya di bagian pusat. Setelah menusuk, isi harus dikeluarkan dengan tekanan seperti prosedur menghilangkan komedo jenis terbuka. Untuk pengobatan pustula besar atau bila ada lebih dari empat atau lima pustula, pasien harus dirujuk ke dokter untuk penangan yang lebih tepat.
Di sisi lain, nodul atau kista tidak boleh ditusuk atau diekstrak. Prosedur ini harus dilakukan oleh dokter kulit.

Cara menghilangkan pustula

Jerawat Meradang, Dan Papula Merah:
Jenis ini tidak boleh disentuh, diekstrak, atau tertusuk. Jika tertusuk, maka hanya akan mengeluarkan darah tanpa mengeluarkan isi dari folikel. Meraba-raba papula meradang hanya akan mengakibatkan kerusakan jaringan yang tidak perlu, yang nantinya dapat berkembang menjadi luka yang berbekas. Cara menghilangkan jerawat jenis ini harus menggunakan prosedur medis misalnya dengan terlebih dahulu memakai retinol atau asam retinoat supaya bisa dilonggarkan dan dilembutkan.

Selanjutnya Adalah Pembersihan
Setelah cara menghilangkan komedo maupun jerawat dilakukan seperti langkah di atas, selanjutnya daerah yang sudah diekstrak harus dibersihkan lagi dengan cara menggunakan alkohol atau larutan antiseptik lain.